Ruhendi.Com

“…Sepenggal Kisah Perjalanan Hidup & Kehidupan Seorang Manusia Biasa Bernama Heru”

Definisi dan Manfaat CSS

Disarikan dari Buku Panduan Lengkap Menguasai Pemrograman CSS, Penulias Komang Wiswakarma, Penerbit Lokomedia

CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage). Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumen XML, termasuk SVG dan XUL.

CSS dibuat untuk memisahkan konten utama dengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna dan font. Pemisahan ini dapat meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada desain web.

CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk ditampilkan dalam berbagai style dengan menggunakan metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on-screen, in-print, by voice, dan lain-lain. Sementaraitu, pemilik konten web bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS, pembaca bisa menggunakan style sheet yang berbeda, mungkin dalam komputer mereka sendiri

Tujuan utama CSS diciptakan untuk membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu, pembuatan ataupun pemrograman ulang web akan lebih mudah dilakukan. Hal yang termasuk dalam desain web diantaranya adalah warna, ukura dan formatting. Dengan adanya CSS, konten dan desain web akan mudah dibedakan, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu dalam suatu web, sehingga akan memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, sehingga membuat waktu dalam membuat web jauh lebih cepat.

Tambahan Penjelasan Penulis :

Sejak dahulu, sebelum WWW ditemukan, para ilmuwan/ penemu menyadari betapa pentingnya pemisahan antara konten dokumen dan pemberi struktur (format) pada dokumen.

Sehingga sejak saat itu, banyak mesin pencetak elektronik mengimplementasikan cara untuk membuat pemisahan antara pemformatan dokumen dari dokumen tersebut sendiri.

Hal tersebut berguna untuk membuat dokumen dalam jumlah yang banyak dengan satu pemformatan dokumen yang sama.

Dalam hal ini, CSS berfungsi untuk membedakan konten dari halaman web dengan pemberi tampilan dari halaman web itu sendiri.

Jadi singkatnya bahwa CSS merupakan salah satu bahasa dalam desain web yang mengatur tampilan web yang memisahkan antara konten utama web dengan konten lainnya (tampilan dokumen seperti layout, warna, font, dll) dan bermanfaat untuk lebih mempermudah dan menghemat waktu dalam pembuatan ataupun pemrograman ulang web.

Filed under: Internet, Teknologi Web

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: