Ruhendi.Com

“…Sepenggal Kisah Perjalanan Hidup & Kehidupan Seorang Manusia Biasa Bernama Heru”

Flu Babi Tidak Hanya Menyerang Manusia!

Virus flu babi yang menyerang Mexico dan beberapa bagian negara Amerika ternyata tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga menyerang beberapa PC. Namun, bukan virus flu babi yang menyerang PC, tetapi virus yang dibuat oleh gabungan para pembuat malware dan spammer melalui dokumen Adobe PDF yang diberi nama “Swine Influenza Frequently Asked Question.pdf” yang mereka sebar. Para penjahat cyber tersebut menggunakan maraknya perbincangan mengenai flu babi saat ini untuk menyebarkan malware.

Para penjahat cyber yang mengirimkan file tersebut memanfaatkan celah pada  program Adobe (BID33571), sehingga saat user membuka dokumen PDF tersebut PC korban akan segera dijangkiti oleh malware. Untuk file malware ini, Symantec memberi nama Bloodhound.Exploit.6 dan file yang terkandung di dalam PDF tersebut sebagai InfoStealer. Walaupun sampai saat ini sample dari malware tersebut masih sangat terbatas, namun para penjahat cyber tersebut terus berupaya untuk menggunakan momen ini untuk menyebar malware tersebut.

Symantec juga sangat menganjurkan pengguna komputer untuk terus mengupdate seluruh software keamanan dan juga software pendukung lain. Pengguna komputer juga harus lebih berhati-hati sebelum membuka file, terutama file yang dicurigai.

[1] http://www.chip.co.id/security/flu-babi-tidak-hanya-menyerang-manusia.html

Filed under: Computer, ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: