Ruhendi.Com

“…Sepenggal Kisah Perjalanan Hidup & Kehidupan Seorang Manusia Biasa Bernama Heru”

O2 Atom Exec – Aku Puas Padamu

Mungil dan elegan. Versi upgrade dari O2 Atom ini tidak hanya mengusung prosesor yang lebih kencang saja, namun beberapa perlengkapan yang disertakannya patut diperhatikan. Dari tampilan luar, Atom Exec memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan Atom awal. Pada versi pertamanya, Atom memiliki tampilan warna hitam dengan pelapis yang mengkilap. Pelapisan yang mengkilap itu sedikit menuai kritik karena mudah sekali sidik jari penggunanya tertinggal di fisik PDA-Phone tersebut. Sebagai gantinya, O2 meng­guna­kan pewarnaan abu-abu tua dengan pelapis tanpa kilap pada Atom Exec.

Dari segi fisik, tidak ada yang berbeda antara Atom Exec dengan pendahulunya. Anda dapat menemukan tombol-tombol yang terletak sama pada PDA-Phone ini dengan Atom versi awal. Bahkan dari segi fisik pun, data resmi dari O2 sendiri menyebutkan bahwa tidak terdapat perbedaan ukuran maupun berat antara Atom dan Atom Exec. Adapun perbedaan utama Atom dan Atom Exec terletak pada penggunaan prosesor Xscale yang lebih kencang, yaitu 520 MHz dibandingkan 416 MHz, serta kapasitas memori yang lebih besar. Perbedaan lainnya terletak pada penyertaan Microsoft Messaging and Security Feature Pack (MSFP) yang memberikan kemampuan push e­mail. Dari segi kinerja, kecepatan akses menu dan user interface-nya pun juga meningkat dibandingkan Atom versi awal. Ada hal yang mengkhawatirkan dari penggunaan prosesor yang kencang pada PDA-Phone ini. Umumnya device dengan prosesor yang cepat juga menggunakan daya yang tinggi. Akan tetapi, tampaknya kapasitas baterai Atom Exec serta kematangan teknologi prosesor Intel sedikit mematahkan pendapat tersebut. Dengan menggunakan aplikasi SPB Benchmark, Atom Exec dapat bertahan hingga 6 jam selama terus menerus digunakan dengan layar menyala. Dari segi penggunaan sehari-hari, Atom Exec bertahan selama tiga hari tanpa perlu charge dengan penggunaan sms, fungsi organizer dan waktu bicara yang sedang.

O2 menyertakan sebuah pouch dan keyboard infrared pada paket penjualan Atom Exec. Keyboard yang disertakan pada paket penjualan Atom Exec memiliki profil yang tipis dan kecil. Sayangnya, keyboard ini meng­guna­kan interkoneksi infrared yang meng­haruskan peletakan Atom Exec dan key­board sejajar pada bidang rata; akibatnya, posisi mengetik menjadi tidak nyaman. Di lain pihak, pouch yang disertakan pada paket penjualannya mampu menyimpan Atom Exec dan keyboardnya dengan cukup rapih.

Filed under: PDA,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: